Senin, 15 Oktober 2012

KOMPONEN-KOMPONEN INPUT,OUTPUT & PROCESSOR




TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YANG ADA DI KOMPONEN INPUT, OUTPUT & PROCESSOR
A. KOMPONEN INPUT
1.       TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YANG ADA DI KEYBOARD
·         Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
·         Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
·         Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
·         Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
·         F1
F1 = Hampir selalu digunakan sebagai tombol bantuan, hampir setiap program akan membuka layar bantuan (help) ketika tombol ini ditekan.
Windows key + F1 = membuka “Microsoft Windows Help” dan “support center” .
Shift + F1 = menunjukkan format dokumen (MS Word)
ALT + F1 = Pergi ke halaman berikutnya
ALT + Shift + F1 = Pergi ke halaman sebelumnya
CTRL + ALT + F1 = Tampilan Info Sistem Microsoft (tidak bekerja pada Windows Vista)
CTRL + Shift + F1 = Mengubah font (tidak bekerja pada Windows Vista)

2.      TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YANG ADA DI MOUSE
·         Tombol
Yaitu sebuah saklar tekan yang dipakai oleh pengguna untuk memilih atau menjalankan program. Pada mouse model Windows mempunyai tombol 2 buah, yaitu kiri dan kanan. Tombol ini berfungsi mirip dengan tombol ENTER dan ESC pada keyboard. Tentang tombol mana yang dipakai untuk ENTER dan yang mana untuk ESC biasanya bisa dirubah pada menu konfigurasi mouse.
·         Sensor gerakan

Sensor gerakan letaknya ada disebelah bawah mouse. Sensor ini bermacam-macam, mulai dari yang mekanis sampai dengan sistem optical dengan berbagai jenis cahaya. Sensor gerakan berfungsi mendeteksi pergerakan mouse untuk diubah menjadi sinyal elektronik dan dikirim ke komputer.
·         Driver modul
Yaitu sebuah rangkaian elektronik yang mengubah sinyal-sinyal elektronik dari sensor menjadi sinyal data sesuai dengan sistem koneksi yang dipakai, misalnya dengan koneksi COM (serial), PS2 atau dengan USB.
·         Koneksi mouse
Koneksi mouse ini kebanyakan menggunakan kabel dengan socket pada ujungnya. Saat ini sudah mulai banyak mouse dengan teknologi tanpa kabel (wireless), sehingga koneksi mouse tidak lagi menggunakan kabel namun menggunakan inframerah atau bluetooth.
3.      TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YANG ADA DI SCANNER
·         Flat Bed: scanner ini mempunyai bentuk yang panjang, scanner ini biasa digunakan untuk menduplikat gambar, dokument, dll.
·         Automatic Document Feeder: scanner ini mempunyai bentuk mirip dengan printer, scanner ini biasanya terdapat pada scanner all in one
·         Scanner Drum: mempunyai cara scan yang berbeda dari yang lain, alat ini memutarkan kertas atau objek yang akan di scan, dan scanner ini meiliki hasil yang sangat bagus di bandingkan yang lain

4.   TEKNOLOGI YANG ADA DI JOY STICK
·         LOGITECH RUMBLE: jenis ini yang paling banyak digunakan, selain harganya murah alat ini dapat dipakai untuk bermain game apa saja
·         LOGITECH RACING WHELL: alat ini berbentuk stir mobil, sayangnya alat ini hanya bisa di gunakan untuk bermain game balap mobil saja
·         LOGITECH EXTREME 3D PRO: alat ini berbentuk seperti tuas porsneling mobil, alat ini hanya bisa di gunakan untuk game pesawat terbang saja
5.    TEKNOLOGI YANG ADA DI LIGHT PEN
      Light pen adalah pointer yang berbentuk pena, dan berfungsi untuk memodifikasi dan membuat gambar dangan screen / monitor sebagai alat untuk yang digambar. prinsip kerja light pen adalah memanfaatkan sensor yang dapat mngirimkan cahaya pada komputer yang kemudian direkam dengan merekam 6 sinyal elektronik setiap baris perdetik.

B. KOMPONEN-KOMPONEN OUTPUT
1.      MONITOR
·         Regulator/power supply
Regulator berfungsi untuk menyuplay tegangan keseluruh rangkaian pcb/board, juga kerangkaian RGB dan tabung,biasanya tegangan output/sekunder pada tiap2 regulator monitor belum tentu sama,tapi pada intinya ada 3 yaitu 1. +Dc 6,5 volt untuk menyuplay tegangan ke vilamen CRT, 2. +Dc 12>15 volt untuk menyuplay tegangan ke IC oscilator horisontal dan vertical dan juga ke IC program,3+Dc 50> 75 volt untuk menyuplay tegangan ke horisontal output melalui flyback.Ciri-ciri kerusakan dari regulator ialah:1. Monitor nggak bisa nyala, 2.Monitor kalau dinyalakan terjadi konsleting pada jalur listrik,3.Monitor nyala tetapi gambar ngleod/bergoyang dll.
·         Flyback
flyback berfungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi yang semula antara 75.s/d 130. volt menjadi 25 kilo volt,flyback berguna untuk menbangkitkan cahaya didalam tabung,dibadan flyback terdapat 2 trimpot pengaturan yaitu,pengaturan scren dan focus,scren berguna untuk mengatur gelap terangnya gambar,dan focus berguna untuk mengatur kefokusan gambar atau tulisan.Ciri-ciri dari kerusakan flyback ialah:1.Gambar buyar/tidak focus 2.gambar ada tapi terlalu terang,ada garis buku 3.gambar gelap 4.led control nyala tapi monitor nggak bisa hidup 5.monitor nyala tapi bunyi pletek-pletek 6.monitor nyala tapi gambar kedip kedip dll.
·         Rangkaian RGB
rangkaian ini berfungsi untuk mengolah warna yg datang dari VGA card dan dikirim ketabung gambar/CRT. Ciri-ciri dari kerusakan RGB ialah:1.gambar merah kekuning kuningan 2.gambar biru kemerah merahan 3.gambar biru keputih putihan 4.gambar tampak tapi hanya hijau,merah atau biru dll.
·         Defleksi yoke
defleksi yoke terbuat dari tembaga yang dililit dibatang ferit yg melingkar, defleksi yoke terdiri dari dua bagian,yaitu lilitan horisontal dan vertikal, untuk lilitan horisontal terletak dibagian dalam dan vertilal dibagian luar, defleki berfungsi untuk menarik elektron-elektron didalam tabung kearah horisontal dan verikal.ciri-ciri dari kerusakan defleksi Ialah: 1. defleksi horisontal,untuk kerusakan defleksi horisontal biasanya kebakar,atau jamuran dan dilayar gambar tampak tapi ditengah dan kanan kiri melengkung.2.Defleksi vetical,ciri-ciri kerusakan defleksi vertical ialah gambar nampak ditengah dan bergaris-garis atas bawah hitam,tetapi untuk defleksi vertical biasanya jarang sekali terjadi kerusakan.
·         pincusent adjustmen/cincin pengatur warna
cincin ini berperan penting didalam monitor,cincin ini berfungsi untuk mengatur bayangan warna,supaya gambar maupun tulisan tidak ada bayangan warna,sehingga akan tampak warna aslinya.
·         Tabung/CRT(catoda ray tube)
Tabung berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi gambar yang kita lihat,disekeliling tabung terdapat gulungan tembaga yg dibungkus dengan solasi yg dinamakan degaussing coil,degaussing berguna untuk menyetabilkan medan magnit didalam tabung, ciri-ciri dari kerusakan tabung Ialah: 1.gambar tak tampak 2.gambar tampak tapi gelap. 3.warna tidak lengkapatau pincang. 4.gambar tidak focus atau buyar 5.layar nyala merah/hijau/biruterang tapi bergaris. 6.gambar tampak tapi hanya salah satu warna saja dll.
2.      PROYEKTOR
·         CRT
Proyektor yang menggunakan teknologi CRT berarti menggunakan tiga tabung CRT sekaligus dalam Light Engine-nya. Ketiga tabung ini memancarkan tiga sinar yang berbeda-beda, yaitu merah, hijau, dan biru. Adanya tiga tabung yang berbeda-beda warna dalam proyektor CRT, membuat proyektor ini lumayan besar dan berat. Sehingga dianggap kurang fleksibel untuk digunakan pada presentasi-presentasi dalam ruang yang kecil.
·         DLP
Digital Light Processing atau yang disingkat dengan DLP kali pertama dikembangkan oleh Texas Instrument. Pada DLP, cahaya terlebih dahulu akan mengenai sebuah Color Filter berbentuk roda. Kemudian warna yang diperoleh akan mengenai Digital Micromirror Devices (DMD). Dari DMD inilah kemudian cahaya akan diproyeksikan dengan cara dipantulkan ke layar. DMD adalah sebuah optical chip yang terdiri dari tiga lapis cermin-cermin micro yang masing-masing lapisan dipisahkan oleh rongga udara yang memungkinkan cermin untuk miring sejauh -10 sampai +10 derajat. Kemiringan setiap cermin DMD akan diatur oleh sebuah chip khusus yang ada pada DMD. Keberadaan DMD membuat DLP hanya membutuhkan satu set optic saja. Kesederhanaan ini membuat proyektor DLP lebih ringkas dan ringan. Beratnya dapat mencapai kurang dari 250 gram. Contrast Ratio dan struktur pixel DLP juga lebih baik. Hal ini disebabkan oleh sistem transmisive yang dimiliki oleh DLP. Meskipun pada beberapa sisi DLP lebih baik dari LCD, DLP juga memiliki kekurangan. Penggunaan colorwheel pada DLP mengurangi nilai brightness proyektor. Dari segi harga, proyektor DLP juga lebih mahal, sebab ongkos produksi yang dibutuhkannya memang tinggi.
·         LCD
Jika DLP disebut juga dengan teknologi reflective karena menggunakan sistem pantulan. Sedangkan LCD disebut juga teknologi transmisive, yakni meneruskan cahaya. Sebab cahaya yang masuk pada LCD setelah melalui proses penyaringan menggunakan cermin Dichroic akan diteruskan secara langsung ke layar proyektor. Cermin Dichroic atau disebut juga Dichroic Mirror memisahkan warna menurut gelombangnya. Ada tiga warna dasar yang dihasilkan oleh cermin tersebut yaitu merah, biru, dan hijau. Ketiga warna ini dihasilkan dengan tiga cermin yang masing-masing menyaring warna berbeda. Teknologi LCD sudah dianggap cukup stabil dan biaya panelnya pun cukup rendah, sehingga memungkinkan menggunakan tiga panel LCD (RGB) sekaligus dalam satu proyektor. Hal ini membuat gambar yang dihasilkan proyektor memiliki warna yang cukup bagus. Begitu pula halnya dengan cahaya yang sudah sangat baik. Sayangnya, sistem transmisive telah membuat timbulnya artefak pada gambar sehingga membuat gambar seperti terkotak-kotak. Dan dikarenakan pada proyektor LCD polarisasi gambar tidak terjadi 100%, maka contrast ratio LCD lebih rendah dari DLP. Di samping itu, daya tahan LCD terhadap panas juga tidak mampu terlalu lama. Berbeda dengan DLP yang dapat bertahan sangat lama.
·         LCOS
Teknologi yang terakhir ini memanfaatkan keunggulan dua teknologi yang sudah hadir sebelumnya, yaitu LCD dan DLP. Teknologi LCOS lebih mudah diproduksi dan ringan dibandingkan LCD. Resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari LCD. Bahkan resolusi teknologi ini diperhitungkan dapat mencapai QXGA, yaitu 2048x1536 pixel. Sangat tinggi, bahkan yang tertinggi. Teknologi ini juga mengurangi artefak yang muncul pada LCD. Selain itu, LCOS memiliki kontrol analog seperti layaknya LCD dengan gradasi warna yang lebih baik dibandingkan DLP. Contrast ratio teknologi ini juga lebih baik dibandingkan LCD meskipun tidak terlalu lebih baik dari DLP. Namun, nilai brightness-nya sejajar dengan LCD yang artinya lebih baik dari DLP.
·         KONEKSI IMAGES
Aspek lain yang tidak boleh luput adalah koneksi pada proyektor yang Anda beli Ketersediaan koneksi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Agar apa yang akan Anda lakukan dengan proyektor tersebut tercapai. Koneksi ini juga dapat mempengaruhi kualitas gambar yang Anda lihat. Berikut adalah koneksi yang dapat Anda periksa:
3.      PRINTER
·         Mainboard printer
Merupakan pusat kontrol dari printer, semua printah kerja mekanik maupun data terjadi di bagian ini
·         Timing disk
adalah komponen yang berfungsi sebagai timing ( Pewaktu ) pada waktu printer menarik kertas, penjelasan yang lebih gampang-nya adalah perbedaan berjalanya kertas ketika kita menggunakan kualitas biasa dan kualitas foto / higth. disitu terlihat kecepatan yang berbeda. di sinilah fungsi alat ini. namun beberapa type printer tidak menggunakan timing disk.
·         Encoder
Letak encoder biasanya ada di belekang HEAD / Tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaanya yang berbeda, encoder bekerja sebagai timing pada HEAD. sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.
·         Sensor paper
Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di print, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. biasanya alat ini terdapat di bagian samping atau atas Rol penarik kertas.
·         Power supply


Merupakan penyuplai tegangan pada komponen printer.

4.   TEKNOLOGI-TEKNOLOGI DI SPEAKER
Speaker adalah tranduser yang mengubah sinyal elektrik kedalam bentuk suara, teknologi pada speaker cukup banyak diantaranya:
·         DOLBY DIGITAL: teknologi yang menghasilkan sorround digital
·         PMPO (Peak Music Power Output): Suara yang dihasilkan sangat optimal
·         SEALED SPEAKER: pada jenis ini speaker tidak memiliki lubang port atau lubang ventilasi pada speaker
·         SORROUND: pada jenis ini menggunakan konsep untuk memperluas jangkawan suara
·          
5.    TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YANG ADA DI PLOTTER
Alat ini digunakan untuk mencetak gambar dalam ukuran besar. dan dapat digolongkan menjadi beberapa bagian:
·         PENA: pada jenis ini terdapat satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni untuk menggambar pada kertas pada kertas atau plastik transparan
·         ELEKTROSTATIS: pada jenis ini plotter bekerja dengan cara memanfaatkan tegangan listrik untuk menarik tinta keatas kertas, kemudian dicairkan dengan sistem pemanasan.
·         THERMAL: pada jenis ini menggunakan pin yang dipanaskan secara elektrostatis.
·         PEMOTONG: pada jenis ini plotter dapat sekaligus memotong bahan vynl, karet, gabus dll.
·         FORMAT LEBAR: pada jenis ini biasa digunakan pada perusahaan grafis, karna pada plotter jenis ini dapat mencetak gambar pada media yagn berujuran besar.


C.3 MERK PROCESSOR DAN TEKNOLOGINYA
1. INTEL
Intel adalah perusahaan yang berpusat di Amerika, dan mengembangkan teknologi pada bidang Processor
·         INTEL 4004 MICROPROCESSOR: proseccor ini merupakan proseccor 4 bit yang dapat malakukan penambahan 2 angka 4 bit, dan dapat melakukan operasi perkalian dengan melakukan cara pengulangan dalam operasi penambahan.
·         INTEL 8086 MICROPROCESSOR: pada jenis ini processor menggunakan register 16 bit, dan memory addresing 20 bit.
·         INTEL PENTIUM: Pada jenis ini memiliki struktur PGA yang lebih besar.
·         INTEL CORE I3: Pada jenis ini memiliki kemampuan turbo boost dan hyper-threading.
·         INTEL CORE I5: pada jenis ini ditambahkan fungsi chipset northbridge dalam inti processor.
·         INTEL CORE I7 QM: Pada jenis ini memiliki 4 processor inti quad core. dan memiliki hyper threading. Teknologi 32 NM membuat suhu pada prosesor relativ lebih rendah.
2. AMD        
·         AMD K5: Pada masanya tidak semua mother board dapat mengenali prosesor tersebut, jadi harus di lakukan UPGRADE BIOS supaya mengenali prosesor tersebut.
·         AMD ATHLON: Pada jenis ini memiliki 2 instruksi 3D now, dan 2 instruksi untuk MMX yang berada dalam pipeline floating.
·         AMD SEMPRON: Pada jenis ini terdapat 2 jenis yaitu soket A dan soket 754. pada jenis ini juga terdapat link hypertrasnport yang bisa dikoneksikan pada chipset motherboard.
·         AMD 64 X2 DUAL CORE: Pada jenis ini prosesor berbasiskan teknologi 64 bit.
·         AMD OPTERON: Pada jenis ini memiliki 3 buah link hypertransport, dan mampu mangakses memory fisik hingga 1 terabyte
3. VIA
·         QUADCORE VIA: Pada jenis ini adanya penggabungan empat 64 bit core.
·         VIA NANO E-Series: Pada jenis ini memiliki umur yang panjang hingga 7 tahun, dan memiliki kecepatan 800 MHz hingga1.8  GHz.
·         VIA NANOTM X2: Pada jenis ini menggunakan dua core 64 bit menjadi satu.
·         VIA NANOTM  Processor L-Series: Pada jenis ini dapat dikatakan Prosesor hemat energi, dengan pengembangan superscalar 64 bit.
·         VIA C7 -D Processor: Pada jenis ini berbasiskan core esther processor dan bisa dikatakan ini prosesor x86, pada jenis ini berjecepatan 2.0 GHz pada daya tertinggi 20 watt.




0 komentar:

Poskan Komentar

About Us

Benner Friends

Our Planet Earth

jam

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Follow

Pencarian

Memuat...

Chat book